Senin, 29 Maret 2010

Paperless Newspaper, Koran Penyelamat Lingkungan

oleh : Bayu Septianto (210110080023)

Di era digital ini, segala sesuatunya sudah berupa digital. Begitu juga dengan koran, yang masih menggunakan kertas sebagai bahan utama dalam memproduksi koran. Jika kita cermati, penggunaan kertas yang terus menerus dapat mengurangi jumlah pohon-pohon yang ada di hutan. Sehingga kegiatan ini dapat merusak lingkungan yang ada di bumi ini.

Untuk menyiasati hal tersebut, kini telah hadir sebuah konsep yang menawarkan tampilan koran dalam bentuk digital. Konsep ini bernama paperless newspaper. sesuai dengan namanya, paperless newspaper tidak menggunakan kertas sebagai bahan baku koran.

Bagaimana cara kerja paperless newspaper? Yup, Konsep ini diintegrasikan dengan jam dinding digital. Update berita dilakukan melalui jaringan internet dengan perantara Wifi yang tertanam pada konsep ini. Pada malam hari, anda bisa meletakkan “koran” ini diatas receiver dan pada malam hari konten yang telah terdownload akan “dicetak” ke bagian “koran”nya. Koran ini sendiri sejatinya adalah sebuah display dengan ukuran tertentu (lihat gambar). Memiliki sifat fleksibel dan transparan saat tidak menampilkan berita. Koran ini juga dilenglapi dengan tombol untuk membaca halaman selanjutnya atau sebelumnya.

Kelebihan
Koran berperan besar dalam mengahbaiskan hutan karena pemakaian kertas yang terus menerus untuk mencetaknya. Oleh sebab itu, inilah salah satu kelebihan dari paperless newspaper. Ia dapat mengurangi penggunaan kertas untuk mencetak isi koran.

Kekurangan
Adanya koran digital berarti dapat mengurangi pemakaian kertas sebagai bahan utama koran. Namun, dapatkah kita bayangkan bila pekerja yang ada di pabrik percetakan akan kehilangan pekerjaannya karena koran sudah tidak menggunakan kertas lagi.

Berdasarkan 3 Perubahan Komunikasi dengan Adanya Teknologi Komunikasi

1. Interactivity
Interactivity adalah kemampuan sistem komunikasi baru (biasanya menggunakan komputer sebagai komponennya) yang mana penggguna biasanya terdiri dari individu, terlibat dalam sebuah percakapan. Interactivity yang terjadi disini adalah interactivity manusia dengan mesin. Manusia yang membaca koran dengan mesin koran digital.

2. Dismassified
Dismassified sendiri berarti sebuah perubahan dari penggunaan secara massal teknologi komunikasi menjadi penggunaan secara individual. Sebuah perusahaan koran membuat sebuah koran dengan macam-macam informasi dan berita yang diberikan, tetapi tentu saja pembaca tidak akan membaca suatu informasi maupun berita secara bersamaan. Mereka akan memilih-milih sendiri informasi yang akan dibacanya. Jadi, walaupun nanti terdapat koran digital, tidak akan ada dismassified karena memang koran dibaca oleh setiap individu.

3. Asynchronous
Asynchronous adalah proses komunikasi massa yang memiliki unsur keserempakan tidak lagi berlaku di era interaktif, dimana para penggunanya dapat melakukan secara individual. Adanya koran digital mungkin dapat merubah kebiasaan orang untuk membaca koran di pagi hari. Mereka bisa membaca kapanpun dan dimana saja.



referensi
http://www.youtube.com/watch?v=LP4ZjeNnpq0&feature=player_embedded
http://shirogadget.com/inilah-masa-depan-koran-dengan-sentuhan-teknologi-terbaru/

6 komentar:

my life my story mengatakan...

wwah keren ya ada digital newspaper.bisa buat pencegahan global warming juga.hehehhe

anyway, digital newspaper ini hanya bisa membuka satu produk koran apa bisa semua produk koran??

Aditya Shorea Pratama mengatakan...

Dead line buat para wartawan koran berarti lebih cepat. dihitung perdetik. dahsyat....

Red Zone Store mengatakan...

konsep yang bagus. bisa menghemat kertas. lebih efisien waktu dan biaya. ga perlu beli koran ke toko. ga perlu keluar banyak uang. selalu update beritanya.

happy-roro- ashtra mengatakan...

kasian wartawan media massa cetak sm loper koran dong.. emg praktis sih. tapi bukannya malah bnyk sisi negatifnya ya?

Selamet Morning mengatakan...

nah itu dia ya,,semakon canggih teknologi tapi kalo ga bener2 diberdayakan dengan baik hasilnya akan banyak membunuh masa depan orang2 yang awam teknologi..

Karisma Niagara mengatakan...

Kalau rusak, gak bisa baca koran donk...hahahaha

Posting Komentar